Friday 19 July 2013

Ikan Discus

Tiga spesies Symphysodon memiliki distribusi geografis yang berbeda. S. aequifasciatus terjadi di Rio Solimões,
Rio Amazonas dan Río Putumayo-Ica di Brazil, Kolombia dan Peru. Sebaliknya distribusi S. Discus tampaknya terbatas pada hilir Abacaxis, Rio Negro dan sungai Trombetas. S. tarzoo terdapat di hulu Manaus di Amazon barat.


Seperti cichlids dari genus Pterophyllum,
semua spesies Symphysodon memiliki bentuk tubuh agak gepeng. Namun, Berbeda dengan Pterophyllum yang memiliki sirip panjang . tidak demikian dengan Symphysodon yang memiliki bentuk lebih bulat. Kerena bentuk tubuhnya inilah ikan ini diberi nama umum, "discus". Sisi ikan biasanya bermotif dalam nuansa hijau, merah, coklat, dan biru. Ketinggian dan panjang ikan dewasa keduanya sekitar 20-25 cm (8-10 in).


Karakteristik lain dari spesies Symphysodon adalah perawatan untuk larva mereka. Adapun sebagai cichlid, ikan ini merawat larva anaknya dengan cara “digendong”. Selain itu, diskus dewasa menghasilkan sekresi melalui kulit mereka, dimana larva memakan sekresi tersebut. Perilaku seperti ini juga telah diketahui pada spesies Uaru. Dan ketika dibesarkan di penangkaran larva akan cenderung memakan dari sekresi orangtua mereka sampai 2 minggu.